Berikut Ini Empat Manfaat Asuransi Kredit


Layanan Asuransi; Meningkatkan kemampuan. (Foto: Budi Urtadi)
AAJI akan segera menerbitkan satu produk asuransi mikro untuk bisa dipasarkan anggotanya. Desainnya ditargetkan bisa rampung pada kuartal III tahun ini. Apriyani Kurniasih
Meningkatnya risiko terhadap suatu sektor dan keadaan suatu negara adalah alasan dibutuhkannya asuransi yang terkait dengan kredit, atau Asuransi Kredit. Angga Bratadharma
Jakarta–Dalam rangka mendukung pengembangan bisnis dan memacu kencang ekspansi bisnis yang dimiliki, perusahaan di Indonesia perlu menyadari pentingnya asuransi kredit. Namun, disayangkan bahwa market share asuransi kredit di Indonesia masih terbilang kecil.
Head of Credit Insurance Division Allianz Utama, Ricky S. Natapradja mengatakan, meningkatnya risiko terhadap suatu sektor dan keadaan suatu negara adalah alasan dibutuhkannya asuransi yang terkait dengan kredit, atau asuransi kredit. Hal ini juga seiring bertumbuhnya perekonomian negara tersebut.
“Penetrasi asuransi kredit di Indonesia masih rendah dibandingkan pasar yang sudah maju seperti di Eropa dan di Asia. Karenanya, perlu terus didorong”, jelas Ricky, kepada wartawan, di Allianz Tower, Jakarta, Rabu, 18 Juni 2014.
Ricky menjelaskan, setidaknya terdapat empat manfaat bagi perusahaan di Indonesia yang telah menggunakan asuransi kredit, yakni pertama, mampu meningkatkan kemampuan di tengah-tengah persaingan. Hal ini terlihat dari sisi kemampuan perusahaan untuk menjalankan suatu proyek dengan aman tanpa ada rasa takut gagal bayar.
“Misalkan saja pembeli mau bekerjasama dengan perusahaan A, tapi ternyata perusahaan A minta ada jaminan dari bank. Pembeli akhirnya memilih perusahaan B yang sudah menggunakan asuransi kredit. B akan mempersilahkan kepada pembeli tanpa ada jaminan dari bank karena sudah ada asuransi kredit itu”, jelas Ricky.
Kedua, membantu arus cash flow. Pada sisi ini suatu perusahaan akan lebih mudah melakukan ekspansi bisnis karena segala sesuatunya sudah dikaji dengan baik. Ketiga, encourages loyaltyKeempat, efisiensi. Pada aspek ini, Allianz Utama akan membantu melakukan penagihan bagi mitra dari nasabah yang bermasalah dengan pembayaran.
“Kami yakin bahwa investasi yang kami lakukan untuk meluncurkan produk asuransi kredit akan mendorong pertumbuhan yang signifikan dan tajam di Indonesia”, ungkap Ricky. (*)
@Angga1587

No comments

Powered by Blogger.