Allianz Siap Sesuaikan Tarif Referensi


Allianz RUN; Berikan pemahaman. (Foto: Zidni Hasan)

Kebijakan OJK mengenai tarif referensi pasti memiliki pengaruh terhadap persaingan di industri asuransi Indonesia. Allianz Utama Indonesia siap menyesuaikan diri dengan kebijakan tersebut. Angga Bratadharma
Jakarta–Kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengeluarkan tarif referensi diperkirakan membuat persaingan di industri asuransi semakin ketat. Pasalnya, persaingan banting harga yang dilakukan akan sulit terjadi dan mau tidak mau perusahaan asuransi berlomba dari sisi produk dan pelayanan.
Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Daniel Neo menyatakan, kebijakan OJK mengenai tarif referensi pasti memiliki pengaruh terhadap persaingan di industri asuransi. Pihaknya siap menyesuaikan diri dengan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh lembaga super body itu.
“Pengaruh sudah pasti ada. Masyarakat pasti juga akan menunda untuk membeli asuransi. Tapi, itu yang menjadi tantangan”, kata Daniel, kepada wartawan, di Jakarta, belum lama ini.
Menurutnya, tarif referensi akan menekan persaingan harga yang kian marak terjadi saat ini. Tarif referensi akan membangkitkan semangat pelaku asuransi untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, termasuk peningkatan pelayanan.
Daniel mengaku, dalam rangka menyesuaikan dengan kebijakan OJK, maka Allianz Utama Indonesia siap melakukan edukasi kepada masyarakat terhadap benefit asuransi. Allianz Utama Indonesia berharap edukasi yang diberikan mampu meningkatkan pemahaman akan produk asuransi.
“Memang tarif tinggi tapi akan bermanfaat karena manfaat yang diberikan kepada masyarakat juga tinggi. Jadi, proses transisi itu harus diisi dengan edukasi”, pungkas Daniel. (*)

No comments

Powered by Blogger.