Perbedaan Unit Link dengan Endowment (Dwiguna)


Perbedaan Unit Link dengan Endowment (Dwiguna)

  1. Dipandang dari segi tujuan, unit link bertujuan mendapatkan proteksi jiwa dengan hasil investasi sbg bonusnya, di mana fungsi pokok investasi terutama untuk menjaga kelangsungan asuransi sampai masa berlakunya berakhir. Sedangkanendowment bertujuan mendapatkan jaminan sejumlah dana di masa depan dengan dilindungi proteksi jiwa untuk memastikan dana tsb tetap diperoleh. Endowmentlazim digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun.
  2. Uang pertanggungan (UP) jiwa pada unit link bisa dibuat lebih besar daripada UP jiwa pada endowment. Begitu pula UP rider-ridernya, unit link lebih besar.
  3. Rider unit link lebih banyak dan variatif dibandingkan endowment. Pada endowment, disarankan tidak mengambil rider karena selain UP-nya kecil, jaminan nilai tunai yg menjadi tujuan utama pun bisa berkurang.
  4. Nilai tunai pada unit link berupa hasil investasi, nilai tunai pada endowment merupakan tabungan. Besarnya hasil investasi tidak dijamin, besarnya tabungan dijamin. Tetapi hasil investasi bisa jauh lebih besar daripada nilai tabungan, meski juga bisa rugi.
  5. Pada endowment, karena jumlah dana sudah ditentukan dari awal, maka nilai tunai tsb besar kemungkinan tak akan mampu menahan inflasi (time value of money; nilai uang terhadap waktu). Jumlah yang dianggap besar pada masa kini, pada masa mendatang akan berkurang nilainya. Pada unit link, karena dananya diinvestasikan, maka hasilnya bisa lebih besar daripada tingkat inflasi. Investasi (baik pada benda riil maupun surat berharga) adalah satu-satunya cara menangkal inflasi, meski, harus diakui, mungkin pula gagal. []

No comments

Powered by Blogger.