Asuransi Unit-Link, Kombinasi Pertanggungan dan Investasi


Asuransi jiwa unit link adalah produk asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan dan manfaat investasi seperti reksadana. Setiap premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan sebagian untuk biaya asuransi dan sisanya diinvestasikan ke dana investasi yang Anda inginkan.
Sebagian besar perusahaan asuransi menawarkan berbagai dana sesuai dengan tujuan investasi pemegang polis, profil risiko dan horizon waktu. Setiap dana memiliki profil risiko dan potensi tingkat pengembalian yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis dana yang paling banyak ditawarkan dalam polis asuransi unit link berikut profil risikonya:
Jenis DanaSifat InvestasiRisiko
Dana EkuitasTerutama diinvestasikan di saham perusahaan untuk mendapatkan
agio saham
Sedang s.d. Tinggi
Dana Pendapatan Tetap dan ObligasiDiinvestasikan di obligasi pemerintah dan perusahaan atau
instrumen pendapatan tetap lainnya
Sedang
Dana Kas atau Dana Pasar UangDitempatkan di kas, deposito dan instrumen pasar uangRendah
Dana Campuran/SeimbangMengkombinasikan dana ekuitas dengan dana pendapatan tetapSedang
Investasi pada asuransi unit link dinyatakan dalam unit. Nilai setiap unit dalam rupiah setiap hari disebut NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Beda asuransi unit link dengan whole life


  • Seperti halnya asuransi whole life, bila Anda membatalkan polis sebelum jatuh tempo, Anda hanya akan mendapatkan nilai investasi Anda. Namun, bila Anda meninggal dunia pada masa pertanggungan, keluarga Anda akan mendapatkan manfaat kematian berupa uang pertanggungan ditambah nilai investasi pada tanggal persetujuan klaim.
  • Pada asuransi whole life, nilai tunai Anda yang merupakan komponen investasi dikelola dalam satu rekening umum bersama-sama dengan nilai tunai polis-polis lain. Dalam asuransi unit-link, komponen investasi dari premi Anda dikelola dalam sub-rekening milik Anda sendiri sehingga lebih transparan dalam penyisihan dana investasi, penghitungan hasil investasi dan pembebanan biaya-biaya. Anda juga memiliki fleksibilitas lebih besar pada asuransi unit link karena dapat menambahkan unit investasi (top up) atau menarik unit investasi (withdrawal) kapan pun dan berapa pun dalam batasan yang ditetapkan perusahaan asuransi. Anda juga bebas memindahkan sebagian atau seluruh unit investasi dari satu dana ke dana lain (switching), misalnya dari dana ekuitas ke dana berpendapatan tetap bila kondisi pasar atau preferensi Anda berubah.
  • Transparansi membuat produk unit link lebih kompetitif dibandingkan produk whole life. Asuransi unit link juga berpotensi memberikan pengembalian investasi lebih tinggi, jika Anda bersedia mengambil risiko yang lebih tinggi. Namun, karena risiko investasi berpindah dari perusahaan asuransi ke pemegang polis, Anda juga tidak mendapatkan jaminan tidak kehilangan uang di tahun-tahun yang sulit. Dalam kasus yang ekstrem, Anda bisa kehilangan seluruh unit investasi Anda bila kondisi pasar berlawanan dengan arah investasi Anda. Dalam hal ini, asuransi whole life lebih aman.

No comments

Powered by Blogger.