Apa itu Unit Link ?


Unit Link adalah suatu produk asuransi yang digandengkan dengan skema investasi.Umumnya, asuransi plus investasi ini dibuat dalam satu produk yang dikenal dengan nama asuransi dwiguna.Contoh asuransi dwiguna adalah asuransi pendidikan atau asuransi pensiun seperti yang selama ini sudah kita kenal.
Pada asuransi dwiguna,investasi yang dilakukan oleh nasabahnya dikelola oleh perusahaan asuransi sendiri dan dananya bercampur dengan dana klaim untuk nasabah.Hal ini menyebabkan perusahaan asuransi cenderung lebih konservatif dalam berinvestasi.Dan biasanya kurang transparan kepada nasabahnya mengenai hasil investasi yang diberikan.
Produk ini kemudian dikembangkan dengan produk baru bernama Unit Link.Bedanya adalah pada Unit Link dananya dipisahkan dengan dana pertanggungan untuk klaim nasabah.Dana Klaim nasabah dikelola oleh perusahan asuransi, sedangkan dana investasi dikelola oleh manajer investasi yang terpisah.
Mekanisme investasinya sendiri dilakukan secara lebih transparan karena dana investasi tersebut dikelola secara terpisah sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada nasabahnya.Model investasinya mirip dengan reksadana yang dana nasabahnya diwakilkan dengan unit penyertaan sesuai dengan besarnya dana yang diinvestasikan.Jadi bisa dikatakan juga nasabah berinvestasi dengan cara membeli unit penyertaan.
Bedanya dengan reksadana hanyalah pada pencantuman nilainya saja.Pada reksadana, nilai setiap unit penyertaan diwakili dengan satu harga saja yang ketika anda membeli atau menjual akan terkena biaya tambahan.Sedangkan pada unit link,harga setiap unitnya dibedakan menjadi harga jual dan harga beli sehingga nasabah tidak dikenakan biaya tambahan lainnya kecuali selisih harga tersebut saja.
Kalau anda ingin berinvestasi artinya membeli unit penyertaan sesuai dengan harga belinya.Dan ketika menarik investasi artinya menjual unit penyertaan sesuai dengan harga jualnya.Nilai unit penyertaan ini berubah ubah setiap hari sesuai dengan perkembangan hasil investasi yang dilakukan oleh manajer investasinya.
Nilainya bisa dilihat setiap hari dibeberapa koran harian tertentu yang mencantumkan nilai unit penyertaan dari beberapa unit link.
Dikutip dari : Buku 70 Solusi Keuangan by @Ahmad Gozali

No comments

Powered by Blogger.