Asuransi Jiwa Tradisional vs Unit Link


Asuransi Jiwa Tradisional vs Unit Link

Perjalanan hidup kini semakin dipermudah dengan berbagai produk dan jasa yang sangat berguna, salah satunya adalah asuransi jiwa. Demi menyiapkan warisan dan kenyamanan hidup bagi keluarga yang ditinggalkan, produk asuransi jiwa menyediakan sarana agar Anda dapat "menabung" dalam bentuk premi yang dibayar dan mendapatkan manfaat yang lebih besar pada hari tua atau saat musibah meninggal dunia terjadi. Secara general, kini produk asuransi jiwa di Indonesia dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu tradisional dan unit link.
Tradisional
Asuransi jiwa tradisional memberikan murni perlindungan saja, yaitu berupa pemberian manfaat sekaligus di akhir kontrak/saat meninggal dunia, atau pemberian manfaat secara berkala yang dapat digunakan untuk kebutuhan di masa pensiun atau pendidikan anak. Seluruh premi yang dibayar dikontribusikan ke dalam besar manfaat akhir yang diberikan tersebut.
Unit Link
Asuransi jiwa unit link merupakan gabungan perlindungan asuransi jiwa dan investasi, umumnya berupa reksadana (mutual fund) yang pilihan-pilihan dananya telah ditetapkan dan dijalankan oleh manager investasi dari pihak perusahaan asuransi. Sebagian dari premi yang dibayar dikontribusikan ke dalam dana investasi, sehingga selain pemberian manfaat di akhir kontrak secara sekaligus maupun berkala, Anda juga akan mendapatkan hasil investasi tersebut. Beberapa asuransi jiwa unit link tertentu juga memperbolehkan Anda untuk berhenti membayar premi sementara selama hasil investasi cukup untuk menutupinya.
Mana yang lebih baik?
Salah satu kerugian yang dapat menimpa dari asuransi jiwa tradisional adalah hangusnya premi yang telah dibayar untuk jenis asuransi jiwa tradisional term life jika tidak ada klaim meninggal dunia sebelum akhir masa perlindungan. Namun, asuransi jiwa tradisional umumnya mengenakan biaya yang lebih ringan karena fungsinya yang murni perlindungan, sedangkan asuransi jiwa unit link mengenakan biaya yang lebih besar sehingga meskipun Anda mengalokasikan 100% premi unit link pada perlindungan, manfaat yang diberikan tidak akan sama besarnya. Di sisi lain, asuransi jiwa unit link memberikan kemudahan dan kepraktisan karena Anda hanya perlu memiliki 1 produk untuk mendapatkan 2 fungsi yaitu perlindungan dan investasi, tanpa perlu mendatangi perusahaan investasi. Selain itu, asuransi jiwa unit link juga dapat menguntungkan konsumen-konsumen yang tidak memiliki banyak uang lebih karena kesempatan berinvestasi dapat diperoleh dengan premi yang relatif murah.
Jadi, jenis asuransi jiwa manakah yang paling sesuai untuk Anda? Semoga Anda dapat memilih dengan lebih mudah setelah membaca pembahasan singkat ini.

No comments

Powered by Blogger.