Sistem Klaim Asuransi

Sistem Klaim Asuransi

Zaman sekarang ini kita dapat menemukan banyak sekali perusahaan asuransi yang berlomba – lomba untuk menjaring peserta asuransi. Produk yang ditawarkan pun beraneka ragam dan tentunya dengan harga yang kompetitif. Ada kalanya, kita menemukan produk asuransi yang hampir sama dari lebih dari satu perusahaan asuransi dan harganya juga cukup kompetitif, sehingga kita jadi bingung untuk menentukan pilihan kita. Sebenarnya ada satu cara untuk dapat menentukan pilihan produk asuransi mana yang kita pilih yaitu dengan memperhatikan sistem klaim dari perusahaan – perusahaan asuransi tersebut.

Secara umum terdapat 2 macam sistem pergantian yang biasanya dianut oleh perusahaan – perusahaan asuransi kesehatan di dunia yaitu sistem reimbursement dan sistem provider.

Perusahaan asuransi yang menganut sistem reimbursement atau yang juga dikenal dengan sebutan sistem penggantian mengharuskan kita sebagai peserta asuransi untuk mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar biaya pengobatan, biaya rumah sakit, biaya laboratorium dan biaya lainnya baru kemudian kita dapat melakukan klaim dan menerima penggantian dari perusahaan asuransi tempat dimana kita menjadi peserta asuransi kesehatan. Sementara untuk sistem provider, sebagai peserta asuransi, kita tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun terlebih dahulu untuk membiayai seluruh biaya yang berkaitandengan pengobatan kita. Kita hanya perlu menunjukkan kartu keanggotan asuransi kesehatan untuk dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang kita butuhkan.

Dari hal yang tertulis di atas, sistem provider seakan – akan tampak lebih menyenangkan karena tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu, kita sudah dapat menerima pelayanan kesehatan yang kita butuhkan. Sebenarnya, kedua sistem tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing – masing. Dalam sistem reimbursement walaupun kita harus mengeluarkan uang terlebih dahulu sebelum kita dapat menerima pelayanan kesehatan baru kemudian kita menerima nilai pertanggungan kembali dari perusahaan asuransi setelah menyerahkan dokumen – dokumen administrasi lengkap (biasanya uang penggantian akan cair sekitar 7 hari sejak diserahkannya dokumen – dokumen administrasi rumah sakit dan biaya yang diganti tidak 100% melainkan sesuai dengan perjanjian awal), namun keuntungannya kita dapat menentukan sendiri di rumah sakit mana kita akan memperoleh layanan kesehatan dan semuanya terserah pada kita. Hal ini sangat berbeda dengan yang diterapkan dalam sistem provider, di mana peserta asuransi hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan tanpa perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Di dalam sistem provider, kebebasan kita untuk menentukan pilihan rumah sakit mana untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sangatlah terbatas pada daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kita. Berarti apabila kita ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit lain yang tidak ada di dalam daftar kerja sama, maka kartu keanggotaan asuransi kesehatan kita tidak bisa digunakan.

Kedua macam sistem klaim asuransi memiliki keuntungan dan kerugian masing – masing. Kini keputusan ada di tangan kita apakah kita memilih sistem reimbursement atau sistem provider.

No comments

Powered by Blogger.