Seputar Unit Link dan Manfaatnya

PARA pembaca Seputar Indonesia yang budiman,sebelum saya membahas berbagai jenis dana kelolaan unit link yang tersedia di pasar untuk memenuhi kebutuhan Anda, terlebih dahulu saya akan memberikan tambahan informasi yang penting kepada Anda tentang produk asuransi yang dikaitkan dengan skema investasi tersebut.

Pada polis asuransi jiwa unit link,premi yang Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi akan digunakan untuk membeli proteksi dan unit investasi. Melalui unit investasi tersebut,uang Anda akan digabungkan dengan uang milik pemegang polis lainnya untuk kemudian diinvestasikan pada instrumen investasi berjangka pendek dan berjangka panjang sesuai dengan pilihan investasi Anda.

Secara prinsip, unit link memberikan kombinasi antara proteksi dan unit investasi yang sesuai dengan kepentingan Anda manakala Anda menginginkan potensi yang lebih tinggi untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik. Ketika Anda membeli polis unit link,Anda sedang berinvestasi sekaligus mendapatkan proteksi asuransi jiwa.

Yang perlu Anda ketahui, berinvestasi pada polis unit link juga berisiko karena perusahaan asuransi jiwa tidak memberikan jaminan atas imbal hasil dari premi yang Anda bayarkan. Seberapa besar imbal hasil yang bisa Anda dapatkan, semua itu benar-benar bergantung pada kinerja dana investasi yang Anda pilih. Dengan kata lain, nilai tunai polis Anda bergantung pada harga unit setiap waktu.

Artinya, risiko investasi pada produk unit link berada di tangan Anda sebagai pemegang polis. Saat ini sebagian kelompok masyarakat di Indonesia, khususnya yang berada di perkotaan, banyak yang memilih produk asuransi jiwa berjenis unit link. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI),dari total premi bisnis baru asuransi jiwa nasional sampai dengan Desember 2009 (Rp40,4 triliun), separuh lebih di antaranya merupakan kontribusi dari premi unit link.

Secara akumulatif, total premi bisnis baru unit link di sepanjang 2009 tercatat sebesar Rp21,4 triliun, sedangkan sisanya (Rp19 triliun) merupakan premi bisnis baru asuransi jiwa individu tradisional dan asuransi kumpulan. Data tersebut menunjukkan betapa kuatnya permintaan kelompok masyarakat tertentu terhadap produk asuransi jiwa unit link.

Fleksibilitas Polis

Secara fungsional, polis unit link menawarkan berbagai manfaat yang tidak dimiliki oleh polis tradisional. Satu aspek unggulan yang dimiliki oleh polis unit link ialah aspek fleksibilitas. Dalam konteks ini, polis unit link memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk menambah premi investasi baik secara reguler maupun sewaktu-waktu.

Pemegang polis unit link juga mendapatkan keleluasaan untuk menarik dana investasi atau mengalihkan dana investasi dari satu jenis dana ke jenis dana investasi lain. Selain itu, polis unit link menyediakan beragam dana investasi yang dikelola secara profesional oleh manajer investasi dari setiap perusahaan asuransi jiwa penyedia produk jenis ini. Ketersediaan ragam investasi pada produk unit link memberikan keleluasaan kepada para pemegang polis untuk mengakses berbagai jenis dana investasi yang sesuai pilihan masing-masing.

Dengan demikian, setiap pemegang polis unit link memiliki peluang untuk melakukan diversifikasi investasi dari akumulasi dana yang mereka tanamkan pada polis unit link. Seperti apakah informasi lengkap tentang fleksibilitas yang terdapat dalam produk unit link,Anda bisa mendapatkannya melalui asistensi dan konsultasi yang diberikan oleh agen asuransi jiwa profesional.

Pada edisi minggu depan, seperti yang sudah saya janjikan kepada Anda, saya akan menyampaikan pembahasan tentang beragam dana kelolaan yang terakomodasi dalam polis unit link yang Anda miliki. Esensinya, dana kelolaan investasi unit link merupakan dana investasi yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai tujuan investasi dan profil risiko masingmasing.(*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

No comments

Powered by Blogger.